5 Fakta dan Manfaat Minuman Isotonik yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis: 14 Juli 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Setelah lelah dan berkeringat sehabis berolahraga, kamu harus segera mengembalikan cairan tubuh yang hilang agar tidak terjadi dehidrasi. Salah satu pilihan minuman yang kerap dikonsumsi adalah minuman isotonik. Selain dianggap efektif untuk rehidrasi, minuman isotonik juga memiliki rasa yang menyegarkan. Tulisan kali ini akan membahas lebih dalam tentang minuman isotonik beserta manfaatnya yang perlu kamu ketahui.

Minuman isotonik sering disebut sebagai sports drink karena banyak dikonsumsi oleh atlet profesional yang berolahraga secara rutin. Mengapa demikian? Karena minuman ini mengandung zat-zat yang berfungsi mengembalikan energi tubuh, seperti mineral elektrolit, gula, vitamin, dan karbohidrat. Kandungan tersebut juga yang membedakan minuman isotonik dengan minuman berenergi, yang biasanya lebih banyak mengandung kafein, kreatin, dan beberapa zat adiktif lainnya.

Maka tidak hanya untuk atlet, minuman isotonik juga cocok untuk kamu yang aktif berolahraga di rumah demi menjaga kesehatan. Berikut 5 manfaat minuman isotonik untuk kesehatan tubuh:

1. Mengisi Ulang Energi Tubuh di Rumah Secara Pas

Minuman isotonik sebenarnya merupakan satu di antara tiga jenis sports drink. Dua lainnya adalah minuman hipotonik dan hipertonik. Minuman hipotonik mengandung konsentrasi garam dan gula yang lebih rendah, sedangkan minuman hipertonik mengandung garam, gula, dan karbohidrat yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk aktivitas berintensitas tinggi.

Agar kamu bisa tetap menjaga kandungan gula dalam tubuh, maupun mengontrol berat badan selama di rumah, minuman isotonik adalah pilihan yang tepat. Tidak seperti minuman isotonik biasanya, Mizone berukuran 500 ml ternyata hanya mengandung 70kkal, sehingga pas untuk kamu minum.

Ditambah lagi, kandungan elektrolit di dalam minuman isotonik mampu melancarkan metabolisme tubuh kamu. Sehingga selain terisinya kembali energi, proses aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh pun akan berlangsung lebih baik

2. Menjaga Performa Tubuh Agar Tetap Optimal

Masih berhubungan dengan kandungan elektrolit dalam minuman isotonik, mineral seperti Natrium dan Klorida berfungsi menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Akibatnya, kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi kamu akan lebih terjaga, sehingga performa kamu baik ketika berolahraga maupun beraktivitas sehari-hari pun akan lebih optimal.

3. Meminimalisir Risiko Cedera

Minuman isotonik pun dapat melindungi tubuh dari risiko cedera seperti kerusakan otot. Kandungan mineral Kalium, Sodium, dan Magnesium dapat  menyehatkan saraf kamu dengan menghadirkan impuls listrik yang efektif agar sel saraf saling bekerja sama untuk berfungsi secara tepat.

4. Mencegah dan Mengobati Penyakit yang Mengakibatkan Dehidrasi

Berkat kemampuannya untuk melakukan rehidrasi yang cepat dan tepat, minuman isotonik sangat baik dikonsumsi untuk mencegah maupun mengobati tubuh dari penyakit yang mengakibatkan dehidrasi berat, misalnya diare atau muntah-muntah. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya, terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu.

5. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat minuman isotonik berikutnya adalah menjaga suhu tubuh, terutama ketika berada di tempat yang sangat panas, agar kamu terhindar dari keadaan heat stroke, atau keadaan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Suhu badan meningkat dengan cepat hingga 41° C dalam 10 sampai 15 menit dan tubuh sudah tidak dapat mengeluarkan keringat (Kemenkes, 2018). Hal ini bisa dihindari dengan mengonsumsi minuman isotonik yang berfungsi mengembalikan cairan tubuh dengan cepat sekaligus menurunkan suhu badan yang tinggi.

 

Itu dia 5 manfaat minuman isotonik untuk kesehatan. Di masa PPKM yang sedang diberlakukan ini, ayo kita menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta rajin berolahraga sambil mengkonsumsi minuman isotonik.  Jangan sampai alih-alih sehat, kamu malah terkena penyakit karena dehidrasi.

Pilih minuman isotonik berkualitas seperti Mizone, sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, yang berperan vital dalam proses metabolisme nutrisi menjadi energi. Kamu jadi tidak perlu takut untuk menghadapi banyak virtual meeting, deadline, sambil tetap berolahraga di rumah. Pilihan rasa favorit Mizone, seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon, dapat ditemukan di toko-toko tradisional dan minimarket terdekat maupun e-commerce andalanmu.

 

 

Sources:

https://www.halodoc.com/artikel/fakta-di-balik-minuman-isotonik 

https://tirto.id/kenali-perbedaan-minuman-isotonik-hipotonik-dan-hipertonik-eu6q 

https://www.merdeka.com/jateng/4-minuman-isotonik-yang-baik-bagi-tubuh-maksimalkan-olahraga-kln.html?page=all 

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stroke/apa-itu-heat-stroke 

Beli Sekarang