Cara Efektif Memaksimalkan Manfaat Bersepeda Biar Badan Anti Lemes!

Ditulis: 09 Juni 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Tak dapat dipungkiri, bersepeda atau gowes adalah olahraga yang amat populer saat ini. Salah  satu pemicu utamanya adalah situasi pandemi, di mana orang mencari alternatif olahraga sekaligus transportasi yang terhindar dari keramaian. Alasan lain yang membuat bersepeda kini begitu diminati adalah terciptanya komunitas dan pertemanan baru sebagai sesama pesepeda. Kini, setelah lebih dari satu tahun situasi pandemi belum juga usai, tren sepeda belum menunjukkan tanda penurunan.

Namun gowes pada akhirnya tidak hanya sebuah tren. Manfaat bersepeda terbukti luar biasa untuk kesehatan. Bagaimana tidak, sepeda merupakan olahraga yang menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh, melatih, menguatkan, dan melancarkan proses-proses penting dalam tubuh. Berikut penjelasan lebih dalam tentang manfaat bersepeda bagi tubuh:

Merawat kesehatan jantung serta pembuluh darah

Termasuk ke dalam olahraga yang melancarkan sistem kardiovaskular tubuh, manfaat bersepeda yang pertama adalah menyehatkan jantung, sehingga aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh berlangsung baik.

Melatih kekuatan otot dan sendi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bersepeda menggerakkan hampir semua anggota tubuh. Hal ini membuat sepeda dapat menguatkan otot kaki, paha, betis, perut, pinggul, lengan, hingga bahu.

Membuat tubuh lebih rileks dan tidak mudah stress

Selain fisik, manfaat bersepeda berikut ini juga berhubungan dengan kesehatan mental. Karena saat kita bersepeda, tubuh menurunkan hormon-hormon penyebab stress.

Menjaga berat badan

Para ahli menyebutkan, bersepeda selama satu jam saja sudah dapat membakar kurang lebih 600 kalori. Buat kamu yang sedang dalam misi menurunkan berat badan, bersepeda sambil mengatur pola makan adalah pilihan yang baik.

Menghindarkan tubuh dari penyakit berbahaya

Seiring dengan sehat bersepeda, daya tahan tubuh juga meningkat. Hal ini membuat tubuh kamu terhindar dari penyakit. Selain itu, manfaat bersepeda juga menjaga kadar hormon insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

 

Bersepeda dengan Sehat dan Aman

Tentu masih banyak lagi manfaat bersepeda yang bisa kamu rasakan setelah melakukannya. Menarik, bukan? Tapi ingat, jangan sampai kamu sembarangan bersepeda hingga melebihi batas kemampuan kamu atau bahkan mencederai tubuhmu. Berikut beberapa tips dasar bersepeda sehat yang sebaiknya kamu perhatikan:

- Periksa kondisi sepeda setiap sebelum digunakan.

- Kenakan pakaian dan perlengkapan bersepeda yang layak.

- Tentukan rute perjalanan dengan seksama, tidak ramai serta nyaman

- Yang terpenting, pastikan tubuhmu tidak kekurangan cairan!

 

Yap, bersepeda merupakan olahraga yang cukup menguras energi dan keringat. Apabila tubuh mengalami dehidrasi, alih-alih menyehatkan, bersepeda justru bisa membuat tubuhmu sakit. “Di saat keringat berlebih karena berolahraga atau cuaca yang panas, jangan sampai tubuh kehilangan cairan hingga dibawah 2%, karena dapat menyebabkan kondisi hipohidrasi yang mempengaruhi performa dan kognitif,” tutur Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO, selaku spesialis kedokteran olahraga.

Sebaliknya, jika kadar cairan dan elektrolit kamu terpenuhi, manfaat bersepeda yang kamu rasakan bisa semakin optimal. Maka dari itu, sehabis bersepeda, alangkah baiknya untuk segera mengembalikan cairan dan energi kamu yang hilang dengan minuman isotonik yang mengandung elektrolit. “Minuman isotonik berperan penting meningkatkan performa saat berolahraga dan mencegah dehidrasi. Kandungan didalamnya dirancang khusus untuk meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, dan mencegah kelelahan otot,” sambung Dr. Grace.

Seperti Mizone, minuman isotonik dengan kandungan vitamin B dan elektrolit yang mampu secara efektif mengembalikan cairan yang terbuang setelah bersepeda. Sebagai minuman isotonik, Mizone mengandung karbohidrat (untuk mengembalikan energi), elektrolit (untuk rehidrasi), dan vitamin B (untuk stamina, sekaligus komponen penting pemecah nutrisi menjadi energi). Mizone juga memiliki kadar gula dan kalori yang rendah, yakni 70kkal dan 3.7 gr/ 100ml sehingga tidak berlebihan untuk diminum, terutama buat kamu yang sedang menjaga berat badan.

Selain menyehatkan, minuman isotonik satu ini juga hadir dengan varian rasa favorit, seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon, yang bisa kamu dapatkan di toko-toko minimarket terdekat maupun e-commerce andalanmu.

Waktunya bersepeda sehat bersama Mizone! Jangan lupa ajak keluarga dan orang terdekat juga, ya.

Beli Sekarang