Ini Dia Tips Agar Performa Tubuh Optimal untuk Bersepeda Jarak Jauh!

Ditulis: 01 Mei 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Siapa di sini yang suka banget sepedaan atau gowes? Yup, selama satu tahun ke belakang, tren sepeda memang terus meningkat. Salah satu pemicu utamanya apalagi kalau bukan situasi pandemi, di mana kemudian orang menjadi sadar bahwa bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat bersepeda memang terbukti luar biasa dan baik untuk tubuh. Bahkan ketika menjalani puasa di bulan Ramadan, bersepeda tetap menjadi olahraga yang cocok dilakukan ketika menjelang buka puasa maupun di malam hari setelah makan. Cukup dengan bersepeda selama 45 menit, kamu telah membakar 300 hingga 350 kalori dalam tubuh. Adapun beberapa manfaat bersepeda lainnya adalah:

Membantu membentuk tubuh yang ideal
Ketika kamu rutin bersepeda, proses metabolisme tubuh akan berlangsung lebih lancar, membakar lemak dalam tubuh. Akibatnya, berat badan akan lebih terkendali, dan kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Jangan lupa, lengkapi dengan makanan dan minuman sehat!
Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Termasuk ke dalam olahraga jenis kardio, manfaat bersepeda yang tidak kalah penting adalah menyehatkan organ tubuh seperti jantung dan paru-paru. Aliran darah pun lebih lancar, dan kamu lebih terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau hipertensi.
Menguatkan sendi-sendi dalam tubuh
Manfaat bersepeda juga berdampak pada sendi, membuatnya lebih kuat dan lentur sehinga tubuh kamu lebih tahan dari risiko nyeri sendi atau kaku pada tubuh bagian bawah.
Menjaga kesehatan mental
Ketika kita berolahraga, termasuk bersepeda, tubuh akan melepaskan hormon dopamin, yang memang berfungsi untuk meningkatkan mood, sekaligus meredakan perasaan stres, cemas, hingga depresi. Kamu akan menjalani hari-hari dengan lebih bahagia!

Setelah mengetahui manfaat-manfaat bersepeda di atas, banyak orang yang menjadi sangat gemar bersepeda sehingga terus berlatih meningkatkan kemampuannya. Misalnya dengan terus menambah target yang menambah jarak tempuh bersepeda setiap waktunya. Apakah kamu salah satu orangnya? Sebelum bersepeda jarak jauh, perhatikan dulu tips-tips berikut ini agar performa tubuh tetap optimal dan kamu lebih aman dari cedera:

Carbo loading
Memberikan asupan karbohidrat seperti nasi atau kentang agar otot lebih banyak menyimpan glikogen. Selama berpuasa, kamu tentu bisa melakukan carbo loading dan jangan lupa untuk konsumsi minuman isotonik untuk balikin cairan  tubuh yang hilang untuk selalu segar ketika sahur dan berbuka 
Berlatih di jarak yang lebih pendek secara berkala
Sebelum bersepeda jarak jauh, alangkah baiknya jika sebelumnya kamu sudah berlatih sepeda di jarak yang lebih pendek agar otot terbiasa.
Memeriksa cuaca dan arah angin
Ini penting! Arah angin dan cuaca adalah faktor yang dapat menentukan rute maupun jarak bersepedamu.
Memilih gear sepeda yang tepat
Ukuran gear depan yang kecil dengan gear belakang besar terbukti memberi kenyamanan untuk bersepeda jarak jauh.
Memanfaatkan teknologi GPS dan alat pendeteksi detak jantung
Kedua alat ini agar kamu dapat mengetahui arah sekaligus mengontrol kondisi jantungmu.
Pastikan kondisi sepeda sudah baik
Periksa lagi roda, rem, rantai, hingga shifter sepedamu. Pastikan sudah dalam kondisi baik, ya!
Mengatur posisi duduk yang nyaman
Atur posisi sadel hingga pas, tidak terlalu pendek maupun tinggi, agar memberikan kenyamanan bersepeda.

Itu dia tips-tips agar tubuh tetap optimal ketika bersepeda jarak jauh. Di bulan puasa ini, tips-tips di atas dapat kamu lengkapi dengan mengonsumsi minuman isotonik sehabis berbuka. Minuman isotonik minuman segar yang kepekatannya sama dengan cairan tubuh, mengandung karbohidrat, gula, elektrolit, dan mineral. Karena kandungannya itulah, minuman ini sering dikaitkan dengan sports drink yang dikonsumsi para atlet.

Hal ini juga didukung oleh pernyataan dokter spesialis olahraga, Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO. “Agar olahraga tetap efektif menggunakan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, pastikan kamu mengonsumsi minuman isotonik, cairan elektrolit, karbohidrat, serta vitamin larut air yang menunjang, misalnya vitamin B, yang membantu pemecahan nutrisi menjadi energi. Hal ini dapat mengoptimalkan performa, meningkatkan energi, dan mencegah kelelahan otot,” tuturnya.

Inilah alasan kenapa kamu bisa pilih Mizone, satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B yang siap bantu mengembalikan cairan dan energi yang hilang di siang hari. Mizone pun mengandung elektrolit dan karbohidrat yang dibutuhkan, di mana satu botol Mizone juga mengandung 70kkal dan kadar gula yang rendah sehingga pas dan tidak berlebihan untuk kamu minum! Kamu juga bisa mendapatkan Mizone di toko-toko terdekat dan e-commerce andalanmu, dan nikmati kesegaran varian rasa favorit seperti  favorit seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon.

Bagaimana? Siap untuk bersepeda jarak jauh? Sudah tidak sabar untuk menguji kemampuanmu di jalan? Ayo ikutan Mizone Fast & Race! Pendaftarannya masih dibuka hingga 5 Mei, sedangkan periode race-nya sendiri masih berlangsung hingga 7 Mei. Kamu bisa dapetin FREE 2 botol Mizone 350ml yang dapat di-redeem di Alfamart terdekat beserta hadiah menarik lainnya seperti sepeda lipat, GARMIN, GoPro, dan OVOCash dengan total ‚Ā£nilai jutaan rupiah!

Tunggu apa lagi? Daftar sekarang di Aplikasi 99 Virtual Race (bisa di download di PlayStore dan AppStore) seharga Rp124.000 aja. Sudah termasuk eBIB, finisher medal, finisher eCertificate, lho!

Beli Sekarang