Inilah Manfaat Vitamin B buat Jaga Kebugaran dari Rumah Selama Pandemi!

Ditulis: 01 Maret 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Oleh karena itu, menjaga kesehatan menjadi semakin penting agar kita tetap bertahan di situasi sekarang ini. Apalagi, Indonesia sedang memasuki musim pancaroba. Pergantian cuaca yang nggak jelas ini sangat mungkin memengaruhi kesehatan tubuh kamu, lho!

Sudah seharusnya kita menerapkan pola hidup sehat. Kamu mungkin sudah sering mendengar anjuran-anjuran untuk melakukan kegiatan menyehatkan, seperti berolahraga maupun mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, supaya daya tahan dan performa kamu tetap terjaga.

Nah, ngomongin soal vitamin, para peneliti lagi merekomendasikan vitamin B supaya lebih banyak dikonsumsi. Klaim ini juga didukung jurnal ilmiah dari laman Maturitas berjudul Nutrition and Immunity (2019) oleh Kathleen Mikkelsen dan Vasso Apostolopoulos. Di situ disebutkan, manfaat vitamin B adalah menambah energi agar tubuh kita nggak cepat lelah, dengan cara melancarkan metabolisme dan aliran oksigen dari sel darah merah. Hal ini sangat penting buat kamu yang harus beraktivitas seharian.

Vitamin B dalam Pembentukan Energi

“Manfaat vitamin B yang utama adalah meningkatkan energi dalam tubuh agar tidak cepat lelah. Vitamin B3 dan B6 adalah dua zat penting dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, agar menjadi energi yang dibutuhkan terutama waktu kamu lagi melakukan aktivitas fisik. Keduanya juga bekerjasama dengan B12 untuk membentuk sel darah merah yang fungsi utamanya mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tidak mudah terasa lelah,” tutur Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO selaku spesialis kedokteran olahraga, menyambung informasi di atas.

Dengan terisinya energi, kamu akan lebih prima dalam mengerjakan berbagai macam aktivitas, khususnya ketika pandemi di mana semua kegiatan banyak dilakukan di rumah. Buat kamu yang harus bekerja di luar seharian, atau terkena macet sepulang kantor, vitamin B akan membantumu tetap fokus.

Baca Juga: 

Manfaat Lain Vitamin B

Di samping berperan besar dalam pembentukan energi, manfaat vitamin B lainnya adalah:

Menyehatkan Jantung
Manfaat vitamin B juga meliputi kesehatan pada jantung. Selain dipengaruhi oleh kelancaran aliran sel darah merah, komponen seperti vitamin B6 juga dapat membantu kita terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner, aritmia, hingga stroke.

Membantu Mencegah Terjadinya Radang
Salah satu efek paling berbahaya dari COVID-19 adalah ketika tubuh mengalami peradangan ekstrim. Hal ini biasanya terjadi ketika tubuh kita kekurangan nutrisi, sehingga malah menghasilkan reaksi kekebalan berlebihan saat menghadapi virus tak dikenal. Di sini, vitamin B berfungsi menekan sitokin pro-inflamasi, yang merupakan sinyal pemicu radang.

Menjaga Kesehatan Proses-Proses Penting dalam Tubuh
Dengan lancarnya metabolisme dalam tubuh seperti yang disebutkan pada manfaat vitamin B di atas, maka proses-proses penting seperti pencernaan dan pernafasan, serta fungsi otak dan saraf juga turut terjaga. Inilah yang dapat membantu kita terhindar dari bahaya COVID-19.

Dari manfaat-manfaat di atas, sudah tahu dong pentingnya kita mengonsumsi vitamin B? Lalu dari mana kita mendapatkannya?

Dr. Grace melanjutkan, vitamin B merupakan vitamin larut air yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga sumber vitamin B bisa berasal dari asupan makanan, minuman, atau suplemen. Beberapa makanan yang umum dikonsumsi adalah daging merah, kacang-kacangan, susu, keju, brokoli, bayam, alpukat, dan nasi merah.

Selain itu, ada juga minuman-minuman sehat bervitamin yang nyaman dikonsumsi dan mudah didapatkan. Seperti Mizone, sebagai satu-satunya isotonik dengan kandungan vitamin B yang bisa bantu badan siap lanjut terus, dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Jangan pula takut berolahraga hingga banyak berkeringat, karena Mizone dengan kandungan elektrolitnya mampu mengganti kebutuhan cairan tubuhmu yang hilang dengan cepat, serta vitamin B yang membantu pembentukan energi.

Sumber:
Mikkelsen K., Apostolopoulos V. (2019) Vitamin B1, B2, B3, B5, and B6 and the Immune System. In: Mahmoudi M., Rezaei N. (eds) Nutrition and Immunity.
https://www.yahoo.com/lifestyle/vitamin-b-could-help-prevent-the-worst-outcomes-in-covid-19-cases-experts-say-163709320.html
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5203533/ini-alasan-penting-konsumsi-multivitamin-selama-pandemi

Beli Sekarang