4 Manfaat Olahraga di Rumah untuk Kesehatan Tubuh Selama PPKM

Ditulis: 21 Juli 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Dalam sebuah acara yang digelar oleh Satgas Covid-19 pada bulan Oktober 2020, Dr. Arie Sutopo, SpKO., selaku Dosen Fakultas Keolahragaan UNJ menyatakan, “Setelah menerapkan protokol kesehatan, olahraga menjadi benteng kedua yang melawan serangan virus corona pada tubuh.”

Pernyataan tersebut menjadi kian relevan di tengah situasi PPKM yang baru saja diperpanjang hingga 25 Juli ini. Beliau pun menambahkan, bahwa ada tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam berolahraga yakni intensitas, durasi, dan frekuensi. Meski kita kini banyak beraktivitas di rumah, Dr. Arie menganjurkan untuk berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, berdurasi 30 menit, serta frekuensinya setiap hari setidaknya satu kali. Hal ini supaya kamu mendapatkan manfaat olahraga secara optimal.

Ada banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa di antaranya adalah push-up, sit-up, squat, dan lunges. Kamu bisa mempelajari gerakan-gerakan tersebut melalui internet, atau bertanya kepada yang sudah ahli. Adapun waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah pagi hari setelah bangun tidur sambil berjemur di bawah sinar matahari untuk menambah kadar Vitamin D di tubuh. Namun, apabila tidak sempat, kamu juga bisa melakukannya di sore hari, ketika kekuatan dan daya tahan tubuh sedang meningkat.

Berikut 4 manfaat olahraga di rumah yang berpengaruh besar untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kamu:

1. Menyehatkan jantung

Manfaat olahraga yang pertama adalah memperkuat otot jantung. Hal ini dapat terjadi karena jantung terlatih untuk memompa darah secara optimal. Dengan jantung yang sehat, kamu akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti stroke maupun serangan jantung.

2. Menjaga aliran dan kadar gula darah agar tetap stabil

Masih berhubungan dengan poin pertama, manfaat olahraga berikutnya adalah aliran darah tubuh yang berlangsung lancar. Olahraga yang rutin akan menurunkan tekanan darah, sehingga meminimalisir risiko terkena hipertensi atau darah tinggi. Di sisi lain, olahraga pun turut menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil, sekaligus mencegah terjadinya resistensi insulin yang menjadi penyebab penyakit diabetes.

3. Mengendalikan berat badan dan performa tubuh

Olahraga akan membuat metabolisme tubuhmu berjalan dengan lancar. Ini berarti, lemak dan kalori tubuh akan dibakar menjadi energi, sehingga risiko kamu terkena obesitas juga berkurang. Metabolisme yang baik juga terbukti menjaga kecepatan, kekuatan, dan konsentrasi tubuh, sekaligus memperkuat otot, tulang, dan saraf.

4, Menjaga kesehatan mental dan suasana hati

Tidak hanya untuk fisik, manfaat olahraga juga berpengaruh bagi kesehatan mental kamu. Ini tentu penting, terutama menghadapi masa pandemi yang penuh tekanan. Rajin berolahraga akan membuatmu lebih percaya diri, tidak mudah terkena stress, dan memiliki waktu istirahat yang berkualitas. Hal ini disebabkan oleh terpicunya pembentukan zat kimia pada otak, seperti serotonin dan endorfin, yang membuat kamu merasa lebih bahagia sepanjang hari.

 

Itu dia 4 manfaat olahraga untuk tubuh kamu. Setelah berkeringat karena olahraga, kamu bisa memberikan reward kepada diri kamu sendiri dengan meminum Mizone, yang adalah minuman isotonik dengan kandungan vitamin B.

Selain menyegarkan, Mizone dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat dan membantu pembentukan energi secara efektif. Kamu tidak perlu khawatir akan terkena dehidrasi, maupun kelelahan untuk menjalani aktivitas selanjutnya, karena Mizone siap menemani kamu. Mizone pun memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah, yakni 35kcal/250ml. Dengan begitu, kamu tetap dapat mengontrol kalori yang masuk ke tubuh kamu.

Yuk, tingkatkan kesehatan tubuh kamu selama masa PPKM yang baru saja diperpanjang sampai 25 Juli 2021 ini agar terhindar dari penyakit berbahaya. Jangan lupa untuk saling jaga, membantu apabila ada yang membutuhkan, dan mengingatkan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Kita harus percaya, bahwa situasi pandemi ini dapat selesai melalui kerja sama kita bersama.

Semoga teman-teman sehat selalu, ya!

 

 

Sumber:

https://tirto.id/tips-olahraga-di-rumah-saat-pandemi-corona-durasi-hingga-gerakan-f9jL 

https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga 

Beli Sekarang