5 Fungsi Elektrolit bagi Tubuh dan Waktu yang tepat Mengonsumsi Minuman Elektrolit

Ditulis: 14 Juli 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Olahraga adalah salah satu cara terbaik menjaga kesehatan tubuh di tengah situasi PPKM hari ini. Biasanya, ketika kamu berkeringat sehabis berolahraga, kamu akan minum air mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Namun perlu kamu tahu, kandungan dalam tubuh yang juga patut dijaga keseimbangannya adalah elektrolit. Inilah yang membuat minuman elektrolit menjadi pilihan tepat untuk rehidrasi. Tetapi sebenarnya, apa itu elektrolit?

Sesuai namanya, elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang terdapat pada sel dan jaringan tubuh manusia, terutama cairan tubuh seperti darah, keringat, dan urine. Beberapa mineral yang termasuk dalam elektrolit di antaranya natrium, fosfat, kalium, klorida, magnesium, dan kalsium. Untuk menggantikan elektrolit yang keluar bersama keringat setelah berolahraga, kamu dapat mengonsumsi minuman elektrolit.

Adapun 5 fungsi elektrolit bagi tubuh adalah:

1. Mengoptimalkan kinerja saraf, otot, jantung, dan otak

Mineral Sodium, Kalsium, dan Potasium memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saraf, otot, dan juga jantung. Dengan begitu, peredaran darah dan oksigen pun dapat berlangsung dengan baik, sehingga meningkatkan kinerja otak.

2. Mengalirkan nutrisi ke dalam sel

Elektrolit adalah salah satu bahan bakar dalam proses metabolisme, yang memecah nutrisi dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi untuk dialirkan ke dalam sel-sel tubuh.

3. Membersihkan sel dari sisa pembakaran metabolisme

Selain mengalirkan nutrisi, elektrolit juga bekerja membuang limbang dari sisa-sisa pembakaran metabolisme melalui urine atau keringat.

4. Menjaga keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh

Kandungan Potasium dan Klorida bertugas menjaga pH tubuh kamu agar tetap seimbang, sehingga fungsi-fungsi penting dalam tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

5. Menjaga kadar air di dalam tubuh

Elektrolit, terutama Sodium, juga berfungsi mengontrol kadar cairan dalam tubuh. Hal ini mencegah tubuh terkena dehidrasi.

 

Mengetahui fungsi-fungsi penting di atas, maka kadar elektrolit dalam tubuh harus dijaga agar tetap seimbang, salah satunya dengan cara mengonsumsi minuman elektrolit. Apabila keseimbangan elektrolit terganggu, tubuh berpotensi terkena penyakit yang berakar dari kekurangan cairan, seperti diare dan muntah-muntah. Tentunya, hal ini pun berakibat buruk untuk imunitas kamu.

Lalu, kapan saja waktu yang paling tepat untuk kita mengonsumsi minuman elektrolit? Ini dia jawabannya:

Sehabis berolahraga

Ketika cairan tubuh terbuang melalui keringat yang dihasilkan setelah berolahraga, kamu perlu segera menggantinya dengan minuman elektrolit. Ini merupakan cara efektif mencegah dehidrasi atau kelelahan yang dapat membuat performa tubuh dalam berolahraga kurang optimal. Minuman elektrolit yang juga biasa disebut sebagai  minuman isotonik, mengandung gula, karbohidrat, dan vitamin yang tepat diminum sehabis berolahraga.

Sedang sakit diare atau muntah-muntah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sakit diare atau muntah-muntah menandakan tubuh sedang kekurangan cairan. Pada keadaan ini dibutuhkan rehidrasi tubuh yang cepat dan tepat, yang bisa  kamu dapatkan dari minuman elektrolit.

Ketika beraktivitas di tempat panas

Saat kamu berada di tempat yang terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama, tubuhmu berisiko terkena overheat atau heat-stroke. Minuman elektrolit dapat membantu mengendalikan suhu tubuhmu agar dapat kembali normal.

 

Memilih Minuman Elektrolit yang Berkualitas

Mizone merupakan satu-satunya minuman elektrolit yang siap mengembalikan energi dan cairan yang terbuang setelah berolahraga atau beraktivitas berat. Selain elektrolit, Mizone juga mengandung vitamin B yang juga berperan penting dalam metabolisme energi tubuh. Kandungan gula dan kalori Mizone pun rendah, yakni 35kkall/250ml sehingga tidak berlebihan untuk kamu minum.

Kamu dapat menemukan Mizone dengan pilihan rasa menyegarkan, seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon, di toko-toko atau e-commerce kesayanganmu. Mari, jaga kesehatanmu dengan berolahraga dan minum Mizone agar kandungan elektrolitmu tetap seimbang!

 

Sources:

https://www.alodokter.com/minuman-elektrolit-apa-manfaatnya-untuk-tubuh 

https://www.halodoc.com/artikel/5-peranan-penting-elektrolit-bagi-tubuh-yang-wajib-diketahui 

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stroke/apa-itu-heat-stroke 

Beli Sekarang