5 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin B Serta Manfaatnya

Ditulis: 14 Juli 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Tahukah kamu? Dari berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan, vitamin B berperan penting dalam menyehatkan proses metabolisme dan organ-organ penting tubuh. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi sistem imunitas tubuh, yang merupakan prioritas dalam menghadapi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sekarang ini.

Hal senada diungkapkan oleh penelitian Maturitas pada Februari 2021. Disebutkan bahwa fungsi sel yang optimal karena vitamin B dapat membantu menghindarkan kita dari gejala berbahaya virus COVID-19. Vitamin B sendiri terdiri dari delapan jenis, yakni:

- Thiamin (B1), untuk memecah gula, memproduksi asam lemak, dan mensintesis hormon

- Riboflavin (B2), untuk memproduksi energi dan memecah lemak, obat, dan steroid

- Niacin (B3), untuk mengubah energi dari karbohidrat, lemak, dan protein

- Pantothenic Acid (B5), untuk membuat koenzim, protein, dan lemak baru

- Pyridoxine (B6), untuk metabolisme asam amino, serta pengembangan otak dan kekebalan tubuh

- Biotin (B7), untuk menyehatkan rambut, kulit, dan kuku

- Folid Acid (B9), untuk metabolisme vitamin dan asam amino, serta pembelahan sel

- Cobalamin (B12), untuk regenerasi sel darah merah dan sintesis DNA

Perlu diketahui, vitamin B adalah zat larut air yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga kamu perlu mencari sumber vitamin B dari asupan nutrisimu. Tulisan ini akan membahas 5 contoh makanan dan minuman yang merupakan sumber vitamin B, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ini dia:

1. Ikan salmon

Ikan yang satu ini memang dikenal kaya akan nutrisi, termasuk di antaranya adalah vitamin B. Dalam 100 gram ikan salmon, kamu bisa mendapatkan kandungan Thiamin (18%), Riboflavin (29%), Niacin (50%), Pantothenic Acid (19%), Pyridoxine (47%), dan Cobalamin (51%). Berkat kandungan-kandungan ini pula, ikan salmon membantu menyehatkan jantung, saraf, dan otak, serta membantu menjaga berat badan.

2. Daging ayam maupun sapi

Selain sebagai sumber protein, kedua jenis daging ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik. Untuk daging sapi, 100 gram-nya mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 dengan persentase besar, serta zat bermanfaat lain seperti zat besi, selenium, fosfor, hingga zinc yang notabene baik untuk imun tubuh kamu. Sedangkan untuk daging ayam, juga mengandung, B2, B3, B5, B6, dan B12. Harap diingat, kamu sebaiknya mengurangi metode memasak kedua daging ini secara digoreng, ya. 

3. Telur

Sumber vitamin B ini bisa dibilang merupakan bahan masakan yang paling mudah didapatkan serta diolah. Kamu bisa memasaknya dalam bentuk setengah matang, dadar, ceplok, dan metode lainnya sesuai seleramu. Setiap 50 gram telur ayam mengandung Riboflavin (15%), Pantothenic Acid (7%), Biotin (33%), Folid Acid (5%), dan Cobalamin (12%). Di samping itu, telur pun mengandung jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

4. Sayuran hijau dan buah-buahan

Setelah tiga pilihan makanan hewani yang telah disebutkan di atas, sumber vitamin B selanjutnya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dalam sayuran hijau, kandungan vitamin B yang paling banyak adalah B9 atau Folid Acid yang terbukti sangat baik, terutama bagi ibu hamil. Kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin B dari buah-buahan, seperti jeruk, mangga, pisang, apel, nanas, alpukat, hingga strawberry. Terlebih lagi, sayur dan buah-buahan akan membuat pencernaanmu bekerja lebih lancar.

5. Kacang-kacangan

Sama-sama berasal dari tumbuh-tumbuhan, makanan seperti kacang merah, kacang merah, kacang kedelai, hingga kacang polong juga merupakan sumber vitamin B yang banyak mengandung Folid Acid atau Folat (B9). Jenis vitamin ini berperan penting untuk metabolisme vitamin dan asam amino, serta merawat pertumbuhan sel dalam tubuh.

 

Itu dia sumber vitamin B yang bisa kamu temukan sehari-hari. Demi menjaga kesehatan, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan di atas sambil rutin berolahraga. Pola hidup sehat ini akan membuat metabolisme tubuh kamu semakin baik, diiringi dengan sistem imun tubuh yang meningkat.

Nah, bicara soal asupan tubuh, kamu ternyata bisa menemukan sumber vitamin B dari minuman isotonik. Jenis minuman yang sering disebut sports drink ini mengandung mineral elektrolit, gula, karbohidrat, dan vitamin yang berfungsi melakukan rehidrasi tubuh yang tepat dan cepat sehabis lelah berkeringat. Adalah Mizone, sebagai minuman isotonik yang mengandung vitamin B dengan segala manfaatnya. Sehingga, kamu tidak perlu takut akan turunnya performa dalam beraktivitas sehabis olahraga, karena Mizone dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan membantu pembentukan energi secara efektif.

Temukan Mizone di toko-toko maupun e-commerce favoritmu dan rasakan manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh kamu. Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada keluarga dan orang-orang tercinta, ya. Ayo, jaga kesehatan dan mari kita bersama-sama semangat lagi melewati masa PPKM ini !

 

Sources:

- https://www.sehatq.com/artikel/sumber-vitamin-b-untuk-penuhi-kebutuhan-nutrisi-anda 

- https://id.theasianparent.com/sumber-vitamin-b 

Beli Sekarang