Anti Kendor Selama Ramadan! Tetap Aktif Setelah Puasa dengan Rutin Olahraga di Rumah

Ditulis: 07 Mei 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Bulan Ramadan sebentar lagi akan selesai. Bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, pasti sudah merasakan “hawa-hawa” libur Lebaran. Walau kita masih belum bisa merayakannya secara normal karena situasi pandemi, kemeriahan Lebaran tentunya tetap patut kita nantikan.

Tapi ingat! Meski sudah menjelang libur, rutinitas olahraga di rumah tetap harus jalan terus. Toh, tidak ada salahnya menjalankan pola hidup sehat, bukan hanya karena pandemi atau puasa, melainkan seterusnya. Manfaat olahraga yang terbukti luar biasa bagi tubuh kita pastinya akan membawa kebahagiaan sampai di masa tua.

Barangkali ada yang belum tahu tips-tips seputar olahraga di rumah yang baik selama Ramadan? Ini dia:

1. Dapat dilakukan sebelum maupun sesudah buka puasa.
Selama bulan Ramadan, idealnya olahraga di rumah dapat dilakukan di waktu 60 sampai 30 menit menjelang buka puasa, atau tiga jam setelah makan. Hal ini penting agar energi tubuh yang hilang dapat segera digantikan secara efektif, dengan tidak mengganggu proses pencernaan. Selain itu, tentunya kamu juga harus memperhatikan beberapa faktor untuk memaksimalkan manfaat olahraga. Seperti misalnya, jika kamu melewatkan sahur, ada baiknya kamu mengurungkan niat olahraga hingga esok hari. Faktor-faktor lain yang harus diperhatikan adalah usia, dan kondisi tubuh.
Apabila kamu berolahraga secara rutin, proses metabolisme tubuh akan tetap terjaga. Maka manfaat olahraga yang bisa kamu rasakan di antaranya berat badan yang lebih terkendali, aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh berlangsung lancar, otot dan tulang yang lebih kuat, hingga terhindar dari penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Hindari olahraga berat dengan intensitas tinggi.
Setelah menahan diri dari makan dan minum di siang hari, otomatis tubuh kamu akan kekurangan cairan dan energi lebih dari biasanya, Oleh sebab itu, melakukan olahraga berat seperti angkat beban, dapat berpotensi membuat tubuhmu cedera.
Kamu dapat melakukan olahraga di rumah dengan intensitas rendah ke sedang seperti yoga, atau latihan kardio seperti berjalan kaki, lari kecil, atau zumba. Manfaat olahraga tersebut adalah dapat menyeimbangkan hormon sehingga tubuh tetap bugar sepanjang hari.
Begitu pun setelah Lebaran nanti. Seperti yang kita tahu, hari Lebaran adalah hari di mana kita akan banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Agar tubuh tetap sehat dan berat badan tetap terjaga setelahnya, mulailah kembali dengan olahraga ringan seperti jogging, berenang, naik turun tangga, hingga lompat tali. Kamu juga mungkin perlu melatih otot dengan melakukan gerakan push up atau sit up. Dan karena kamu sudah tidak berpuasa, alangkah baiknya jika kamu semakin disiplin dengan jadwal olahraga yang kamu buat, maupun target yang ingin dicapai. Intinya, jangan sampai kendor!

3. Kembalikan energimu, lengkapi dengan Minuman Isotonik!
Setelah lelah beraktivitas seharian dan berkeringat, cara terefektif untuk mengembalikan cairan dan energi yang hilang adalah dengan mengonsumsi minuman isotonik. “Minuman yang mengandung elektrolit, karbohidrat, gula, dan mineral ini memang didesain khusus untuk meningkatkan energi dan daya fokus, serta mencegah kelelahan otot. Inilah yang membuatnya sering disebut dengan sports drink,” tutur dokter spesialis olahraga, Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO.
Pilih Mizone sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, siap bantu mengembalikan energi kamu serta menemani olahraga di rumah! Vitamin B sendiri merupakan komponen penting dalam proses metabolisme tubuh, sehingga melancarkan proses-proses penting seperti mencerna makanan, mengalirkan darah ke seluruh tubuh, memperbaharui sel, melatih kekuatan otot, hingga menyehatkan otak dan saraf. Manfaat-manfaat ini sangat bersinergi dengan manfaat olahraga yang sudah disebutkan di atas. Mizone pun mengandung kadar gula dan kalori yang pas (70 kkal)  sehingga tidak berlebihan untuk kamu minum.
Minum Mizone setelah buka puasa untuk mengembalikan energi agar performa tubuh tetap optimal untuk melanjutkan aktivitas berikutnya. Kamu dapat menemukan Mizone dengan mudah di toko-toko atau e-commerce andalanmu.

Itu dia tiga tips utama untuk olahraga di rumah hingga sehabis Ramadan. Ayo jaga terus kondisi kesehatanmu dan juga keluarga serta orang-orang terdekatmu. Tunjukkan bahwa kita adalah generasi yang sehat, aktif, dan kreatif!

Beli Sekarang