Ini Dia Kandungan Minuman Elektrolit yang Bermanfaat Buat Balikin Cairan Tubuh!

Ditulis: 07 Mei 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin berolahraga. Walau intensitas rendah, olahraga selalu penting dilakukan terutama di situasi pandemi yang masih berlangsung sampai hari ini.

Di sisi lain, kita pun tahu, sehabis berolahraga, cairan tubuh akan keluar melalui keringat. Sebenarnya ini merupakan pertanda bagus karena berarti metabolisme tubuh kamu berjalan lancar. Namun, jika kita tidak cepat-cepat mengembalikan cairan yang hilang, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Sebagai makhluk yang 70% tubuhnya terdiri dari air, kekurangan cairan dapat membawa dampak buruk bagi banyak hal. Mulai dari terganggunya kestabilan suhu tubuh, terhambatnya peredaran darah dan oksigen, hingga kerusakan pada organ-organ penting. Alih-alih sehat, kamu justru malah menambah risiko terpapar penyakit.

Nah, agar usaha pengembalian cairan tubuh berlangsung efektif, kita membutuhkan rehidrasi yang tepat untuk menghindari dehidrasi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman elektrolit. Apa dan bagaimana proses ini berlangsung? Mari kita bahas!

Mengenal Elektrolit dan Fungsinya Dalam Tubuh

Di dalam tubuh kita, terdapat mineral-mineral bermuatan listrik yang secara kolektif bertugas menjaga energi dan performa kita sehari-hari. Mineral-mineral ini terdapat di sel, jaringan, dan cairan tubuh dengan fungsinya masing-masing, yaitu: 

- Natrium, yang berperan dalam menjaga keseimbangan asam-basa tubuh

- Klorida, yang menjaga pH, keasaman darah, dan proses pencernaan

- Kalium, yang menjaga volume cairan tubuh dan fungsi sel

- Magnesium, yang berfungsi menyehatkan tulang

- Kalsium, untuk menjaga kesehatan gigi, tulang, saraf, dan otot.

Mereka lah yang kemudian disebut dengan elektrolit. Setelah kamu beraktivitas “berat” atau berolahraga, elektrolit yang sudah menjalankan tugasnya akan keluar bersama cairan tubuh melalui keringat atau air seni.

Kita harus menjaga kadar elektrolit dalam tubuh agar tetap normal, sehingga fungsi-fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Apabila kadar elektrolit terganggu, tubuh akan berisiko terkena penyakit seperti muntah-muntah, diare, atau keringat berlebih. Itulah mengapa, setelah banyak berkeringat karena olahraga, kamu membutuhkan minuman elektrolit untuk mengembalikan hidrasi dan elektrolit kamu.

Memilih Minuman Elektrolit Terbaik

Sesuai dengan namanya, minuman elektrolit adalah jenis minuman yang memiliki kandungan mineral-mineral elektrolit seperti yang sudah disebutkan di atas. Umumnya, minuman elektrolit hadir sebagai minuman isotonik yang tidak “hanya” mengandung elektrolit, tapi juga karbohidrat, gula, dan vitamin yang kian memaksimalkan fungsinya untuk mengembalikan energi dan cairan tubuh. Faktor ini juga yang menjadi alasan mengapa minuman elektrolit sering disebut dengan sports drink.

Manfaat minuman elektrolit ini juga ditegaskan oleh Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO, selaku spesialis kedokteran olahraga. “Sehabis berkeringat, tubuh membutuhkan elektrolit baru sebagai pengganti energi dan rehidrasi, serta vitamin untuk stamina. Dalam hal ini, minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, amat penting dalam membantu memecah nutrisi yang dikonsumsi menjadi energi. Seperti  B3 (niacin) dan B6 (pyridoxine) sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi, atau B12 (cobalamin) yang berperan dalam mengalirkan sel darah merah serta oksigen ke seluruh tubuh. Harap diingat pula, pastikan kandungan kalori dalam minuman tersebut tidak berlebihan agar tetap menjaga kebutuhan kalori harian kita,” tuturnya.

Syarat-syarat yang disebutkan Dr. Grace di atas ada pada Mizone. Sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B dan elektrolit, Mizone adalah pilihan yang tepat  untuk mengembalikan cairan tubuh kamu yang hilang akibat olahraga dan membantu pembentukan energi.. Mizone pun mengandung kadar gula dan kalori yang rendah (70 kkal per 500ml) sehingga semakin pas  untuk kamu minum.

Kamu bisa menemukan minuman elektrolit seperti Mizone di toko-toko, supermarket, minimarket, hingga e-commerce kesukaanmu. Mizone pun hadir dengan berbagai rasa yang menyegarkan, salah satunya adalah Mizone Activ’ Lychee Lemon.

Jadi, sudah tahu, kan, minuman elektrolit yang pas untuk melengkapi kegiatan olahraga kamu?

Yuk, jaga kesehatan kamu bersama Mizone!

Beli Sekarang