Jaga Kesehatan dari Rumah, Berikut Sumber Vitamin B yang Bisa Didapatkan dengan Mudah!

Ditulis: 04 Maret 2021 |Ditulis oleh: Mizone
Masih dalam situasi menghadapi pandemi, kita diharapkan terus memberlakukan protokol kesehatan sehari-hari sambil tetap menjaga imunitas tubuh. Mengenai hal ini, sebuah penelitian asal Singapura menyatakan bahwa salah satu manfaat vitamin B adalah mampu meringankan gejala COVID-19. 
 
Menurut Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO, vitamin B bermanfaat mengisi energi dan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.  “Vitamin B berfungsi memecah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk menjadi energi. Kandungan B3 pada proses glikosis, B6 pada metabolisme asam amino/protein, dan B12 pada metabolisme lemak,” tutur spesialis kedokteran olahraga tersebut. Fungsi inilah yang membuat Vitamin B amat penting untuk meningkatkan energi,” tutur spesialis kedokteran olahraga tersebut.
 
Apabila tubuh kita terisi energi penuh, hal ini dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan dan tetap beraktivitas dengan optimal. Terlebih di situasi pandemi ini, kamu yang harus bekerja atau berkegiatan di rumah menjadi tidak mudah lelah atau stress. Di sisi lain, kamu yang harus bekerja di kantor atau di luar seharian juga bisa tetap fokus, bahkan ketika harus berhadapan dengan kemacetan di jalan pulang.
 
Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan sumber vitamin B?
 
“Vitamin B merupakan vitamin larut air yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga kamu membutuhkannya dari asupan makanan, minuman, atau suplemen,” lanjut Dr. Grace. Maka dari itu, sumber vitamin B yang umum dikonsumsi orang banyak adalah:
 
Daging dan Ikan
Baik itu daging merah maupun ikan seperti salmon dan tuna, keduanya adalah sumber vitamin B yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi kita. Kamu pun bisa mengonsumsi daging dan ikan dengan cara kesukaanmu; dikukus, direbus, atau dipanggang, tetapi sebaiknya kurangi penggunaan minyak goreng buat mengontrol kandungan kolesterol.
 
Buah dan Sayur
Kamu pasti sudah sering dengar kalau buah-buahan dan sayur seperti brokoli atau bayam adalah sumber vitamin B yang juga kaya akan nutrisi-nutrisi lainnya. Jadi, buat kamu yang masih tidak begitu suka sayur, mungkin mulai belajar makan. Dimulai dari porsi sedikit dulu, deh!
 
Jenis makanan lain yang juga mengandung banyak vitamin B adalah roti, telur, pasta, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi vitamin B yang cukup akan membawa berbagai manfaat lain seperti: 1) menyehatkan jantung sehingga kamu terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan stroke, 2) menghindarkan kamu dari radang, dan 3) menjaga kelancaran proses-proses penting tubuh seperti pencernaan dan pernafasan.  Manfaat-manfaat tersebut tentu kamu butuhkan selama pandemi ini, bukan?
 
Selain makanan, kamu juga bisa memperoleh vitamin B dari minuman-minuman sehat, seperti minuman isotonik. Seperti Mizone, satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, pas banget buat bantu badan kamu lanjut terus dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Kamu dapat menghadapi segudang aktivitasmu dengan performa optimal 100%. Ditambah lagi, kamu tidak perlu takut berolahraga atau melakukan kegiatan berkeringat lainnya, karena Mizone dengan cairan elektrolitnya bisa mengganti kebutuhan cairan tubuhmu yang hilang dengan cepat. Kerjaan lancar, hidup sehat!
 
Itu dia sumber-sumber vitamin B yang mudah didapatkan. Minuman isotonik seperti Mizone ini juga praktis dan dapat dibeli di toko-toko terdekat. Jaga terus kesehatanmu, ya
 
Sumber:
https://www.maturitas.org/article/S0378-5122(20)30348-0/fulltext 
https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/bahan-makanan-sumber-vitamin-b-anak/
 
Beli Sekarang