Manfaat Olahraga Yang Sesungguhnya

Ditulis: 09 Juni 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Pernahkah kamu berpikir mengapa kita diajarkan untuk rajin berolahraga sejak dini? Jawabannya mudah: karena setiap hari, kita terus mendapatkan fakta bahwa olahraga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Olahraga memang cara paling praktis dan efektif dalam menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. Manfaat olahraga luar biasa, mulai dari menyehatkan organ dan proses penting dalam tubuh, membuat tubuh rileks dan bahagia secara mental, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat-manfaat olahraga tersebut dapat berguna sampai di hari tua. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak terlalu menganggap penting olahraga. Padahal, terlebih di situasi pandemi ini, menjaga kesehatan dengan berolahraga seharusnya menjadi prioritas utama.

Walau begitu, tidak ada kata terlambat jika kamu mau mulai olahraga sekarang. Berikut penjelasan lebih detail tentang manfaat olahraga yang, mudah-mudahan, bisa menjadi pertimbangan kamu untuk rutin berolahraga:

1. Menjaga kesehatan organ penting seperti jantung dan paru-paru

Apabila kita berolahraga secara rutin setiap minggunya, otot-otot jantung dan paru-paru akan terlatih untuk menjadi lebih kuat. Dengan begitu, tubuh kamu akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti sakit jantung atau stroke. Selain itu, berolahraga dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik, yang juga berdampak baik bagi organ-organ penting tubuh. Kesehatan organ-organ tersebut tentunya berbanding lurus dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga performa kamu akan lebih baik, dan daya tahan tubuh meningkat.

2. Melancarkan dan menyehatkan darah

Dengan jantung yang sehat, aliran darah yang dipompa juga lebih lancar, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Olahraga pun membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, menghindarkanmu dari penyakit diabetes Ditambah lagi, manfaat olahraga secara rutin juga mencegah penyakit hipertensi (darah tinggi).

3. Mengendalikan berat badan

Manfaat olahraga satu ini pasti dicari oleh kamu yang sedang dalam misi membentuk badan ideal. Olahraga dapat melancarkan proses metabolisme tubuh, membakar lemak dan kalori yang menumpuk sehingga ampuh menurunkan berat badan. Tentunya, agar mendapat hasil maksimal, kamu juga perlu mengatur pola makan.

4. Menjaga kesehatan mental

Semakin banyak fakta yang menunjukkan manfaat olahraga untuk kesehatan mental. Misalnya saja, olahraga dapat melancarkan proses pembentukan zat-zat seperti serotonin dan endorfin pada otak yang membuat perasaan lebih bahagia. Olahraga juga mengurangi hormon penyebab stress seperti kortisol, adrenalin, dan norepinefrin, sekaligus meningkatkan dopamin yang membuat pikiran lebih tenang. Hal-hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri (self-esteem) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

5. Menjaga kekuatan sendi dan otot

Olahraga juga melatih otot dan sendi, membuat tubuhmu lebih tidak rentan terkena penyakit seperti osteoporosis atau sakit punggung, terutama di usia tua nanti.

 

Lima poin di atas adalah manfaat olahraga yang paling utama atau “populer” bagi tubuh. Masih ada manfaat-manfaat lain yang terlalu panjang untuk dituliskan di sini.

Buat kamu yang ingin mulai olahraga, tips terpenting adalah mulai aja dulu. Kamu bisa mengawalinya dengan gerakan-gerakan sederhana seperti jalan, lari, stretching, atau latihan kardio yang bisa kamu lihat dari internet. Jangan terlalu muluk-muluk dalam menentukan target, karena stamina tubuh kamu baru akan berkembang seiring berjalannya waktu. Bila perlu, berbincang-bincanglah terlebih dulu dengan yang lebih ahli untuk menentukan olahraga yang tepat buat kamu. Dan yang terpenting, perhatikan makanan dan minuman, jangan sampai kamu malah terkena dehidrasi!

Apabila kamu sudah bisa mulai berolahraga, langsung berikan “penghargaan” untuk tubuh kamu dengan mengonsumsi minuman segar yang tidak hanya enak, tapi juga kaya manfaat. Seperti Mizone, satu-satunya minuman segar isotonik dengan kandungan vitamin B dan elektrolit yang dapat membantu mengembalikan cairan dan energi yang hilang.

Sebagai minuman segar, Mizone memiliki kadar kalori yang rendah, yakni 70kkal per 1 botol 500ml dan  kadar gula yang rendah sehingga pas untuk diminum setelah berolahraga, terutama buat kamu yang sedang menjaga berat badan. Kamu pun bisa menemukan rasa favorit dari minuman segar satu ini, seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon, yang didapatkan di toko-toko maupun e-commerce andalanmu.

Tentunya, dengan kamu punya Mizone sebagai minuman segar sekaligus self-reward untuk kamu yang sudah berhasil olahraga, motivasi pun akan meningkat, bukan? Yuk, mulai rajin berolahraga dari sekarang bersama Mizone! Aktivitas apapun dapat diselesaikan secara optimal!

 

Beli Sekarang