Minuman Elektrolit Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan dan Performa Kamu? Ini Alasannya!

Ditulis: 11 Juni 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Situasi pandemi yang masih berlangsung sampai hari ini membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan terus meningkat. Bisa kita lihat, semakin banyak orang yang berusaha menyempatkan diri berolahraga di tengah aktivitas sehari-hari. Mulai dari senam, yoga, hingga bersepeda.

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, umumnya, tujuan kita menjalankan pola hidup sehat adalah agar dapat menghadirkan performa optimal di semua aktivitas. Disinilah olahraga menjadi faktor penting, karena melancarkan metabolisme tubuh, membakar kalori dan lemak, hingga memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Semakin intens kita berolahraga, metabolisme tubuh akan berlangsung lebih cepat. Tubuh kita akan mengeluarkan keringat, yang merupakan cairan dan elektrolit tubuh, setelah menjadi ‘bahan bakar’ penghasil energi. Nah, satu hal yang kerap terlupakan adalah mengganti cairan tubuh yang sudah keluar tersebut. Mengapa ini penting? Sebab jika tubuh kekurangan cairan, maka akan terjadi dehidrasi yang ditandai dengan gejala-gejala berikut:

1. Mulut kering dan rasa haus berlebihan

2. Frekuensi buang air kecil berkurang, disertai warna urine yang lebih gelap

3. Sakit kepala/migrain

4. Jantung berdebar

5. Kelelahan yang amat sangat

Selain lima gejala di atas, masih banyak dampak negatif lanjutan seperti diare, demam, darah rendah, dan lain sebagainya. Tentunya, hal-hal ini tidak ingin kamu alami, bukan?Itulah sebabnya untuk atlet profesional maupun orang awam yang aktif berolahraga, dibutuhkan rehidrasi yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh seefektif dan seefisien mungkin. Kamu pun sebaiknya menjaga agar tubuh tidak dehidrasi, salah satunya dengan cara mengonsumsi minuman elektrolit.

 

Pentingnya Minuman Elektrolit

Mungkin ada yang belum benar-benar paham apa itu minuman elektrolit? Apa saja khasiatnya? Mengapa minuman elektrolit juga sering disebut dengan sports drink?

Pertama-tama kita perlu membedakan minuman elektrolit dengan “minuman berenergi”. Minuman berenergi umumnya banyak mengandung kafein, sedangkan minuman elektrolit, sesuai namanya, berisikan mineral-mineral bermuatan listrik yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada Natrium yang menjaga keseimbangan asam-basa tubuh, Kalium yang menjaga volume cairan tubuh, hingga Kalsium yang menyehatkan tulang, gigi, saraf, dan otot. Zat-zat inilah yang bertugas mengalirkan energi.

Selama beraktivitas, mineral-mineral tersebut akan keluar, baik dalam bentuk keringat maupun air seni. Itulah sebabnya, kadar mineral ini harus dijaga agar fungsi tubuh tetap optimal. Ditambah lagi, minuman ini memiliki kepekatan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga mudah diserap sebagai pengganti cairan yang hilang.

 

Vitamin B untuk Melancarkan Metabolisme

Selain minuman elektrolit, zat yang juga dibutuhkan untuk rehidrasi yang lebih optimal adalah vitamin B. Vitamin ini berperan vital dalam proses metabolisme nutrisi menjadi energi. “Sehabis berkeringat, tubuh membutuhkan elektrolit baru sebagai pengganti energi dan rehidrasi, serta vitamin B untuk stamina. Vitamin B amat penting dalam membantu memecah nutrisi yang dikonsumsi menjadi energi. Seperti  B3 (niacin) dan B6 (pyridoxine) sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi, atau B12 (cobalamin) yang berperan dalam mengalirkan sel darah merah serta oksigen ke seluruh tubuh,” Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO, selaku spesialis kedokteran olahraga.

Tidak hanya itu, manfaat vitamin B lainnya adalah menjaga kesehatan mata dan kulit, membantu pertumbuhan hormon, dan menjaga kesehatan janin dalam kandungan ibu hamil.

 

Mencari Sumber Terbaik dan Efektif

Faktanya, vitamin B merupakan zat yang tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Sehingga kita perlu mencarinya dari makanan atau suplemen di luar. Nah, tahukah kamu, ada minuman sumber vitamin B sekaligus elektrolit yang bisa kamu dapatkan dengan mudah?

Yap, minuman itu adalah Mizone, satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B dan juga elektrolit untuk bantu mengembalikan cairan dan energi yang hilang. Sebagai sumber vitamin B dan elektrolit, Mizone sangat pas kamu minum terutama setelah berolahraga, sehingga kamu tidak perlu takut lemas, dan bisa melanjutkan aktivitas lainnya dengan performa yang lebih maksimal. Ingin tetap konsentrasi WFH seharian di rumah? Lanjut meeting setelah olahraga? Hadapi dengan Mizone. Tubuh pun tentu akan lebih sehat, daya tahan meningkat, sehingga terhindar dari bahaya penyakit.

Sebagai sumber vitamin B dan elektrolit, Mizone hadir dengan berbagai pilihan rasa favorit, seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon, yang tidak hanya segar tapi juga rendah kalori (satu botol Mizone 500ml hanya mengandung 70kkal). Kamu bisa mendapatkan rasa-rasa Mizone ini di toko-toko tradisional dan minimarket terdekat maupun e-commerce andalanmu.

Jadi, sudah tahu, kan, cara mudah menjaga kesehatan dan performa tubuh? Dapatkan sumber vitamin B dan elektrolit dalam Mizone, dan rasakan sendiri manfaatnya!

 

 

Sumber:

- https://performancepartner.gatorade.com/content/resources/pdfs/optimizing-performance-and-safety-through-proper-hydration.pdf

- https://www.halodoc.com/kesehatan/dehidrasi 

- https://www.alodokter.com/minuman-isotonik-teman-yang-tepat-saat-berolahraga 

Beli Sekarang