Badan Lemas Pas Puasa? Balikin Energi dengan Aktif Olahraga di Rumah!

Ditulis: 30 April 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Menyambut bulan Ramadan di tahun 2021, ternyata kita harus sekali lagi menjalani ibadah puasa di tengah situasi pandemi. Oleh karena itu, selain diimbau untuk tidak buka puasa atau sahur di luar rumah, kita juga perlu menjaga kesehatan diri sendiri. Salah satunya adalah dengan tetap aktif olahraga di rumah.

Yap, meski tidak makan dan minum, bukan berarti kamu jadi lupa akan olahraga, bukan? “Saat berpuasa, asupan cairan tetap harus tercukupi melalui pengaturan waktu minum yang tepat. Begitu pula dengan olahraga. Hal ini supaya tubuh tetap prima dan memiliki stamina yang baik,” tutur spesialis kedokteran olahraga, Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO.

Faktanya, olahraga di rumah bisa dilakukan sebelum dan sesudah buka puasa atau sebelum sahur. Jika kamu memutuskan olahraga sebelum buka puasa, lakukan ketika menjelang waktu berbuka dan tidak berolahraga lebih dari 60 menit. Sedangkan apabila kamu ingin berolahraga setelah buka puasa, pastikan melakukannya tiga jam setelah makan supaya tidak mengganggu proses pencernaan.

Dr. Grace juga menambahkan, “Agar olahraga tetap efektif menggunakan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, pastikan kamu mengonsumsi cairan elektrolit, karbohidrat, serta vitamin larut air yang menunjang, misalnya vitamin B, yang membantu pemecahan nutrisi menjadi energi. Hal ini dapat mengoptimalkan performa, meningkatkan energi, dan mencegah kelelahan otot.”

Maka sebelum kamu melakukan olahraga di rumah, pastikan kamu minum Mizone, sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B yang siap bantu mengembalikan energi. “Setelah berkeringat, tubuh membutuhkan cairan elektrolit baru sebagai pengganti energi dan re-hidrasi, serta vitamin untuk stamina. Vitamin B dapat memecah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Kandungan B3 pada proses glikosis, B6 pada metabolisme asam amino/protein, dan B12 pada metabolisme lemak,” tambah Dr. Grace.

Adapun jenis olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah:

  1. Yoga
    Ini barangkali olahraga yang paling populer dilakukan di rumah saat ini. Yoga tidak terlalu menguras energi, sehingga cocok dilakukan di bulan puasa. Manfaat olahraga yoga di antaranya adalah membuat tubuh tetap segar dan bugar, melancarkan suplai oksigen ke seluruh tubuh, menyeimbangkan hormon, dan memperbaiki postur tubuh.
  2. Olahraga kardio ringan
    Meski di dalam rumah, kamu bisa melakukan beberapa olahraga kardio ringan seperti berjalan kaki atau zumba. Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan manfaat olahraga seperti membakar lemak dan menjaga bentuk tubuh selama bulan Ramadan.
  3. Latihan resistensi dan beban
    Kedua latihan ini memang biasa dilakukan di gym, namun tentunya kamu bisa melakukannya di rumah jika memiliki dumbell atau alat olahraga sendiri. Namun jika tidak dan ingin berhemat, kamu bisa memanfaatkan alat-alat sederhana di sekitarmu untuk membuat beban. Latihan resistensi atau mengangkat beban membawa manfaat olahraga yakni melatih kekuatan otot dan tulang.

Itu dia contoh olahraga di rumah beserta manfaatnya. Tentunya kamu juga bisa melakukan olahraga yang lain sesuai preferensimu dan cocok dengan syarat olahraga di rumah.  Adapun manfaat olahraga lain yang bisa kamu dapatkan jika rutin berolahraga bahkan selama bulan Ramadan adalah:

  1. Mencegah risiko penyakit jantung
    Ketika kamu melakukan olahraga rutin, aliran darah dalam tubuh akan mengalir lebih lancar serta kadar kolesterol baik akan meningkat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung maupun penyakit kardiovaskular lainnya.
  2. Mengendalikan kadar gula darah
    Selain melancarkan aliran darah, olahraga juga berfungsi menjaga kestabilan gula darah serta mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes.
  3. Menghindarkan tubuh dari sakit punggung
    Tidak hanya menguatkan tulang, olahraga juga dapat menyehatkan pergerakan saraf tubuh. Mungkin kamu sudah tahu, salah satu penyebab utama terjadinya sakit atau nyeri punggung adalah saraf tubuh yang terjepit.

Selain fisik, manfaat olahraga juga dapat menyehatkan pikiran kamu, mengurangi risiko stres dan depresi, menunda timbulnya demensia, serta meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Jadi, ayo rutin berolahraga dan jangan lupa imbangi dengan mengonsumsi Mizone. Minum Mizone setelah buka puasa agar kamu siap lanjut terus beraktivitas. Mizone bisa didapatkan di supermarket, minimarket, atau e-commerce andalan kamu. Semoga ibadah puasamu tetap lancar, ya!

 

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/6-olahraga-ini-bisa-kamu-lakukan-saat-puasa  
https://www.halodoc.com/artikel/olahraga-yang-baik-saat-puasa-di-tengah-pandemi-covid-19

Beli Sekarang