Mau Tetap Fit Buat Gowes di Bulan Puasa? Mizone Siap Bantu Balikin Energi Kamu!

Ditulis: 29 April 2021 |Ditulis oleh: Mizone

Buat kamu yang hobi bersepeda, atau baru menemukan kenikmatan bersepeda karena situasi pandemi satu tahun terakhir ini, jangan sampai puasa menjadi alasan kamu berhenti melakukannya. Karena faktanya, manfaat bersepeda sangat baik untuk kian mengokohkan gaya hidup sehat selama bulan Ramadan.

Olahraga ringan seperti sepeda tetap dianjurkan selama puasa karena dapat membantu proses metabolisme tubuh. Yang penting, kamu mengetahui waktu dan strategi yang tepat buat “gowes” agar tidak mengganggu ibadah puasamu maupun kesehatan tubuhmu.

Idealnya, bersepeda dilakukan ketika 60-30 menit menjelang buka puasa, sebanyak dua kali dalam seminggu. Bersepeda ketika malam sehabis buka juga bisa menjadi alternatif pilihan, karena kamu sudah mendapatkan asupan energi yang dari makanan dan minuman. Bersepeda sekitar 45 menit, dapat membakar sekitar 300-350 kalori dalam tubuh. Wow!

Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar bersepeda selama puasa tetap lancar:
1. Agar tidak terlalu intens, alokasikan waktu yang lebih longgar agar bersepeda lebih santai.
2. Pasang target atau tujuan, dan rencanakan perjalananmu. Faktanya, bersepeda tanpa tujuan hanya akan membuatmu lelah.
3. Pilih waktu yang tepat, seperti yang telah disebutkan di atas, yakni 60-30 menit menjelang buka.
4. Cari jalur yang banyak pepohonan agar kamu lebih segar.
5. Ajak teman-temanmu bersepeda bersama agar lebih semangat.
6. Periksa kembali kondisi sepeda sebelum berangkat. Jika terjadi apa-apa selama perjalanan, tentu kamu akan lebih lelah.
7. Apabila kamu tidak sahur, sebaiknya urungkan niat bersepeda.
8. Jika kamu merasa lelah, segeralah beristirahat dan jangan dipaksakan yang malah bisa membuat cedera.

Maka dengan strategi yang tepat, seperti memaksimalkan penyerapan nutrisi, menjaga hidrasi, dan memodifikasi hormon pembakar lemak dan pembentukan otot utama, manfaat bersepeda bisa jadi amat luar biasa. Apa saja? Berikut di antaranya:

Membantu mengendalikan berat badan
Berkaitan dengan yang telah disebutkan di atas, proses metabolisme yang lebih lancar karena bersepeda membantu kamu mengendalikan berat badan. Seperti yang kita tahu, komponen utama dalam metabolisme adalah lemak. Dan dengan terbakarnya lemak di tubuh, otomatis berat badan juga akan terkendali. Jangan lupa seimbangkan dengan pola makan yang sehat, ya!

Menyehatkan jantung dan pembuluh darah
Karena termasuk olahraga kardio, bersepeda dapat menyehatkan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke, atau darah tinggi (hipertensi).

Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh
Bersepeda juga merupakan olahraga yang sangat bagus dalam melatih kemampuan koordinasi tubuh. Dengan begitu, manfaat bersepeda yang satu ini dapat menghindarkanmu dari resiko cedera hingga patah tulang.

Menjaga persendian tubuh
Bersepeda juga melatih pergerakan sendi, sehingga dinyatakan baik untuk penderita nyeri sendi dan kekakuan tubuh bagian bawah. Bahkan dalam hal ini, bersepeda lebih baik jika dibandingkan dengan jogging, karena bertumpu pada tulang panggul dan bukan kaki atau dengkul.

Menyehatkan mental
Manfaat bersepeda satu ini dipicu oleh dihasilkannya hormon dopamin ketika bersepeda. Hormon tersebut dapat meningkatkan rasa bahagia, sehingga bisa meredakan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Di samping manfaat bersepeda yang telah disebutkan, harap diingat untuk tidak bersepeda dengan intensitas tinggi selama puasa. Alih-alih bermanfaat, kamu justru dapat mengalami kerusakan otot dan dehidrasi.

Ssttt, untuk mendapatkan manfaat bersepeda yang optimal, kamu dapat mengonsumsi Mizone yang adalah minuman elektrolit. Sebagai satu-satunya minuman isotonik yang mengandung vitamin B, Mizone dapat membantu kamu mengembalikan cairan dan energi yang hilang setelah bersepeda. “Setelah berkeringat, tubuh membutuhkan cairan yang mengandung karbohidrat untuk menggantikan energi, cairan elektrolit untuk rehidrasi, dan vitamin untuk stamina. Seperti Vitamin B yang membantu memecah nutrisi yang dikonsumsi menjadi energi,” tutur Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO., selaku dokter spesialis olahraga. “Pastikan pula kalori dalam minuman tersebut tidak berlebihan agar tetap menjaga kebutuhan kalori harian kita. Sehingga dari kesemuanya didapatkan penggantian cairan, elektrolit, energi, serta jumlah kalori yang tetap terkontrol.,” imbaunya. Nah, 1 botol MIZONE mengandung 70kkal dan kadar gula yang rendah sehingga pas dan tidak berlebihan untuk kamu minum!
Jadi tunggu apa lagi, ayo kembali mulai bersepeda dan lengkapi dengan minum Mizone abis buka puasa. Dapatkan toko-toko terdekat dan e-commerce andalanmu, dan nikmati kesegaran varian rasa favorit seperti  favorit seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon.

Sumber tambahan:
https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan/
https://lokadata.id/artikel/tetap-bersepeda-saat-puasa 
https://intisari.grid.id/read/032114107/bersepeda-saat-puasa-kapankah-waktu-yang-tepat-untuk-bersepeda-saat-puasa?page=all  

Beli Sekarang