Minuman Sehat yang Pas Dikonsumsi waktu Pandemi? Apa Syaratnya

Ditulis: 31 Maret 2021 |Ditulis oleh: Mizone
Kesehatan menjadi hal yang amat sangat penting di situasi pandemi COVID-19 ini. Selain menerapkan protokol kesehatan, kamu juga dianjurkan untuk rajin berolahraga, serta mengonsumsi makanan dan minuman sehat.
 
Di sisi lain, masih banyak orang yang beranggapan makanan dan minuman sehat itu mahal. Padahal, menurut Kementerian Kesehatan, makanan dan minuman sudah bisa dibilang sehat jika mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan membuat kamu merasa kenyang dan berenergi, tentunya dengan porsi yang pas. Hal ini juga berarti, kamu sebenarnya bisa menemukan keduanya dengan mudah, asalkan tahu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu.
 
Patut diingat pula, mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga berarti menghindari zat-zat yang kurang baik untuk tubuh. Selama pandemi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi minuman beralkohol, gula berlebih, serta kafein. Karena, ketiga jenis minuman tersebut dapat mengganggu jam istirahatmu, pelan-pelan mengganggu fungsi organ tubuhmu, hingga menurunkan kekebalan tubuh.
 
Tulisan berikut akan secara khusus membahas syarat minuman sehat yang cocok dikonsumsi selama pandemi. Apa saja? Simak tulisan berikut:

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Kita

Salah satu syarat minuman sehat adalah dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin kita. Sebuah penelitian dari laman Maturitas pada Februari 2021 menyatakan bahwa  vitamin B berpotensi membantu menghindarkan kita dari gejala berbahaya virus COVID-19. Vitamin B memegang peran penting dalam menyehatkan fungsi sel dan melancarkan metabolisme energi, yang tentunya berdampak baik bagi sistem kekebalan tubuh.
 
Pernyataan tersebut didukung Dr. Grace Joselini, MMRS, Sp. KO. “Vitamin B berperan penting bagi tubuh, terutama dalam proses pembentukan energi seperti Vitamin B3 dan B6 yang merupakan koenzim metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein agar menjadi energi. Selain itu, bekerja sama dengan Vitamin B12, zat-zat tersebut turut membantu pembentukan sel darah merah yang bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh,” tuturnya.
 
Selain itu, Vitamin B adalah vitamin larut air yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga kamu perlu mencari dari makanan dan minuman sehat sebagai sumber vitamin B.

Membantu Kita dalam Menjalani Hidup Sehat

Seperti yang telah disebutkan di atas, pola hidup sehat tidak hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat, tapi juga rutin berolahraga. Mengapa? Karena olahraga membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menyehatkan organ-organ penting seperti jantung dan paru-paru, menguatkan otot dan sendi, membuat tubuh lebih rileks, hingga membantu melancarkan metabolisme tubuh.
 
Ketika kita berolahraga yang cukup mengeluarkan energi dan keringat, tubuh akan membutuhkan cairan pengganti. Maka alangkah baiknya jika kamu langsung mengonsumsi minuman sehat yang sekaligus dapat menggantikan cairan dan energi kamu. Minuman sehat di sini dapat mengandung elektrolit, mineral-mineral beraliran listrik yang berfungsi mengalirkan energi. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga pola olahraga kamu tanpa takut kelelahan atau dehidrasi.
 

Membantu Agar Tetap Fokus

Apabila kamu sedang menjalani Work From Home (WFH), di mana ruang kerja dan pribadi kadang tidak ada batasnya, tentunya kamu membutuhkan konsentrasi yang lebih. Begitu pun untuk kamu yang harus bekerja di luar yang lebih menghabiskan stamina, apalagi ketika harus berhadapan dengan situasi seperti macet.
Salah satu Cara agar tetap fokus adalah dengan memenuhi kebutuhan hidrasi dan elektrolit tubuh. Sehingga, organ-organ penting seperti otak, tetap dapat berfungsi optimal. Aktivitas seperti virtual meeting, mengejar deadline, hingga menjalin hubungan profesional dengan pihak lain akan berlangsung lebih baik.
 

Pilih Minuman yang Sudah Terjamin Kualitasnya

Melihat tiga poin di atas, ada baiknya jika kamu selalu sedia persiapan buah-buahan segar untuk dijadikan jus yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.
 
Jangan lupa juga untuk memilih Mizone, sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B yang bisa bantu mengoptimalkan tubuh kamu setiap hari. Mizone juga memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah, yakni 45kcal/250ml. Jadi selain kebutuhan energimu terpenuhi, kamu juga tetap dapat mengontrol kalori yang masuk ke tubuh kamu. Fakta ini membuat Mizone adalah minuman yang tepat di masa pandemi.
 
Temukan Mizone di minimarket dan toko terdekat! Kamu bisa mencoba varian rasa favorit seperti Mizone Activ’ Lychee Lemon yang menyegarkan.
 
Bagaimana? Sudah tahu minuman sehat apa yang harus kamu konsumsi hari ini? Selalu jaga kesehatanmu baik fisik maupun mental, ya!
 
 
 
Sumber:
https://www.merdeka.com/jateng/cocok-dikonsumsi-untuk-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-pandemi-coba-6-minuman-ini.html?page=3
https://www.maturitas.org/article/S0378-5122(20)30348-0/fulltext 
 
Beli Sekarang